Rabu, 24 November 2010

DO’A BERSAMA PEDULI BENCANA DAN PENYEMBELIHAN QURBAN

Posted by m.siswanto 18.14, under | No comments



Baru-baru ini Keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri sumpiuh melakukan kegiatan do’a bersama dalam rangka peduli bencana. Kegiatan diikuti oleh segenap guru, karyawan dan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai. Do’a di sampaikan oleh KH Ahmad Ridlo,SS.M.Pd.I selaku pembina keagamaan. kegiatan do’a peduli bencana ini sebelumnya didahului dengan pemberian infak oleh Guru, karyawan serta siswa-siswi untuk korban bencana gunung Merapi dan tsunami di mentawai.
Dalam sambutanya PLT Kepala Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh Muhamad Siswanto, M.Pd.I menyatakan, Kegiatan do’a peduli bencana bertujuan untuk memberikan semangat kepada siswa-siswi untuk peduli terhadap sesama atas musibah yang menimpa akibat meletusnya Gunung Merapi dan musibah Tsunami di mentawai. Disamping itu agar musibah bencana yang terjadi, menjadi bahan mawas diri untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah dan tidak ingkar/kufur agar Allah tidak menimpakan bencana kepada bangsa Indonesia. Do’a bersama juga bertujuan untuk mohon kepada Allah agar mereka yang tertimpa musibah diberi kekuatan,ketabahan, dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini.
Dalam kesempatan ini juga didamping Pembina OSIS Khasan Rosyidi, S.Pd, PLT Kepala MAN Sumpiuh menyerahkan 3 ekor kambing sebagai hewan kurban untuk masyarakat desa Karanggintung, Watu Agung dan Kamulyan. Penyerahan hewan qurban diterima oleh ulama desa setempat sebelum do’a dilaksanakan, selanjutnya untuk disembelih setelah melaksanakan sholat id didesa masing-masing.
Muhamad Siswanto, M.Pd.I, menjelaskan untuk tahun ini MAN Sumpiuh melaksanakan penyembelihan hewan Qurban 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing. 1 ekor sapi berasal dari guru dan karyawan yang berqurban atas nama pribadi yang disembelih di Madrasah. Sehingga 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing disembelih di Madrasah untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar sedangkan 3 ekor kambing di bagikan tiga desa.
“sebelum penyembelihan hewan qurban, lebih dahulu dilaksanakan sholat Id bersama di Masjid Al Ma’sum MAN Sumpiuh, selanjutnya siswa diajak untuk menyaksikan proses penyembelihan sebagai bagian dari praktek ibadah” ungkapnya.

0 komentar: